Kamis, 27 Desember 2012

Pendakian di Gunung Welirang JaTim


Kisah ini nyata adanya, kejadiannya tahun 1997. Waktu itu saya masih SMU dan sedang hobi banget mendaki bareng teman-teman. Pendakian kali ini dilakukan di Gunung Welirang JaTim. Kami ber-enam adalah teman dari SMP yang terpisah waktu masuk SMU, ini adalah reuni pertama kami yang masing2 disibukkan oleh exkul pencinta alam di sekolah kami masing2.

Singkat cerita, kami memulai pendakian terlalu sore karena siangnya kami terlalu hanyut dalam percakapan sambil ngopi di warung dekat pos 1 jalur pendakian. Waktu pukul 18:00 kami pun memutuskan untuk berhenti dan menghabiskan malam ini di sekitar pos 3 dan melanjutkan pendakian di pagi hari.

Setelah memasang tenda dan makan serta bernostalgia, kamipun masuk ke tenda untuk beristirahat. Tidak satupun dari kami yang tahu pukul berapa kejadian ini. Saat itu saya terbangun tiba-tiba karena sayup2 mendengar suara gamelan dari arah bawah. Yang membuat saya merinding, suara gending Jawa itu makin lama makin keras, layaknya ada sebuah iring2an pawai yang lewat persis di depan tenda kami. Yang lebih membuatku gemetar, karena posisi tidurku yang paling pinggir dekat pintu tenda.

Dalam kegelapan itu, jangankan untuk bersuara, untuk mencolek temanku yang hanya disebelahku saja rasa nya ga mampu, apalagi untuk melihat apa yang sedang terjadi di depan tenda kami. Seakan2 tenda kami itu sedang berada di tengah2 suatu pesta. Entah berapa lama kejadian itu berlangsung, saya hanya bisa pasrah sambil memanjatkan doa2 kepada Sang Khalik.

Setelah suara pawai itu menjauh dan hilang sama sekali, saya pun mulai memberanikan diri untuk memanggil teman-temanku. Sungguh konyol, karena saat kejadian ternyata kami semua terjaga dan mendengar serta merasakan setiap detilnya, namun tak ada satupun yang berani bersuara atau bahkan bergerak! karena masing2 sudah dilanda kepanikan. Setelah itu kami sudah tidak dapat tidur kembali dan terus berjaga hingga fajar.

Segera setelah matahari menampakkan sinarnya, kami berbenah dan segera turun karena sepakat untuk tidak melanjutkan pendakian. Menurut informasi yang kami dapatkan, kami ber-enam sangat beruntung bisa selamat. Apabila kami memaksakan untuk terus naik, kemungkinan terbesar kami akan tersesat atau yang paling extreme adalah kami akan seperti terhipnotis dan ikut dalam rombongan pawai yang kami dengar. Karena oleh penduduk sekitar kejadian ini dinamakan "Ngunduh Mantu" dimana menurut kepercayaan sekitar, pendaki yang hilang atau pun tewas, rohnya dinikahkan dengan bangsa Jin yang ada disitu.
 bila ada pencinta alam yang membaca kisah ini, (khususnya daerah JaTim) tentu tau Welirang terkenal dengan "NgunduhMantu", "pasar", dan rumput Lali Jiwanya, selain terkenal karena edelweiss dan keindahan panoramanya.

Diet Rendah Lemak


DIET rendah lemak, tinggi serat, kaya buah serta sayuran membantu mengurangi risiko atherosklerosis, salah satu pemicu serangan jantung. Atherosklerosis merupakan kondisi yang ditandai dengan penumpukan lemak di lapisan pembuluh darah sehingga darah akan mengental sehingga menghambat aliran darah.

Bagimana cara mencegahnya? Anda bisa memulai dengan mengurangi makanan tinggi lemak jenuh, seperti produk susu dan makanan yang kaya garam (yang bisa menaikkan tekanan darah), seperti ekstrak jamur, bacon atau sosis.

Risiko pengentalan darah akan meningkat seiring usia. Selain itu, obesitas dikenal juga sebagai faktor yang meningkatkan risiko pengentalan darah.

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah pengentalan darah:

Ikan. Tidak semua lemak buruk untuk kesehatan. Beberapa jenis lemak ganda tidak jenuh mengandung asam lemak omega-3 yang membuat sel-sel darah kurang 'lengket', sehingga membantu mencegah pengentalan darah. Lemak baik ini bisa ditemukan pada makanan seperti makarel, ikan haring dan ikan air tawar. Cobalah megonsumsi jenis ikan ini dua atau tiga kali seminggu.

Bawang merah
diyakini melawan efek negatif makanan berlemak dengan cara meningkatkan kecepatan pemecahan darah yang kental.

Bawang putih segar juga dinyatakan bisa mengurangi risiko pengentalan darah. Akan tetapi, Anda harus mengonsumsi 10 siung atau lebih untuk mendapatkan efek yang signifikan.

Dengan kata lain, perbanyak konsumsi:
  • Oily fish (seperti salmon, tuna, sarden, makarel) untuk mendapatkan asam lemak omega-3
  • Oat dan kacang-kacangan untuk menambah asupan serat
  • Bawang merah dan bawang putih yang membantu mencegah pengentalan darah

Kurangi asupan:
  • Produk hewan dan susu yang kaya lemak jenuh dan kolesterol
  • Garam, yang menaikkan tekanan darah
  • Merokok
  • Alkohol dan stimulan seperti kopi perlu dihindari.

Kurangi risiko

Anda juga bisa mencegah dan memperlambat atherosklerosis dengan melakukan teknik relaksasi termasuk yoga, meditasi, biofeedback, konseling dan terapi bicara. (IK/OL-08)

Pengaruh Pengenalan Komputer Pada Perkembangan Psikologi Anak

PENGARUH PENGENALAN KOMPUTER PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK

Pada kali ini saya akan membahas mengenai pengaruh perkembangan komputer pada perkembangan psikologi anak yang di ambil dari jurnal yang dikembangkan oleh Mukhammad Andri Setiawan, Army Widyastuti, dan Aulia Nurhuda dari CISCO Networking Academy Program, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.

Meningkatnya jumlah waktu yang dipergunakan oleh anak-anak di rumah dan di sekolah dalam berinteraksi dengan komputer menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana teknologi komputer mempengaruhi perkembangan psikologi mereka. Secara umum perkembangan anak yang diperkenalkan dengan teknologi komputer relatif lebih baik pada anak-anak yang sama sekali belum dikenalkan dengan teknologi komputer.

Di era digital ini, semakin banyak anak-anak yang memiliki akses komputer dirumah atau disekolah untuk banyak hal, dimulai dari permainan komputer, atau membantu mengerjakan pekerjaan rumah, bahkan melakukan chatting dan email atau pun browsing di Internet. Dengan semakin meningkatnya peran komputer dirumah dalam kehidupan anak-anak, dibutuhkan sebuah perhatian khusus bagaimana efek dari ini semua kepada anak-anak. Waktu yang dibutuhkan oleh anak untuk berinteraksi dengan komputer sangat mungkin menggantikan waktu anak-anak yang seharusnya dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan dirinya baik dalam aspek kognitif maupun aspek motorik.

Berikut ini dampak internet bagi perkembangan anak-anak yaitu menjadikan anak malas karena anak menjadi lebih sering di depan komputer dari pada mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dan membuat anak jarang berinteraksi dengan masyarakat. Kesehatan mata berkurang karena terlalu sering duduk di depan komputer. Selain itu ada pula dampak positif untuk perkembangan anak yaitu untuk mengerjakan tugas, membuka situs untuk menambah pengetahuan, atau sekadar membuka permainan computer untuk perkembangan motorik anak.

So, bagi para orang tua dihimbau supaya memanfaatkan fasilitas yang ada supaya dapat menunjang aspek perkembangan psikologi pada anak dan tetap terus memantau serta memberi batasan pada anak ketika sedang membuka internet. Sekian dari saya maaf jika ada salah-salah kata yang mungkin tidak berkenan.

Lift dan Eskalator

LIFT dan ESKALATOR

Lift adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Lift-lift pada zaman modern mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka, Terdapat tiga jenis mesin, yaitu Hidraulik, Traxon atau katrol tetap, dan Hoist atau katrol ganda, Jenis hoist dapat dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu hoist dorong dan hoist tarik.
Sejarah dan alur waktu
Lift awalnya adalah derek yang terbuat dari tali. Pada tahun 1853, Elisha Graves Otis, salah seorang pionir dalam bidang lift, memperkenalkan lift yang menghindarkan jatuhnya ruang lift jika kabelnya putus. Rancangannya mirip dengan suatu jenis mekanisme keamanan yang masih digunakan hingga kini.
• 23 Maret 1857 - Lift Otis pertama dipasang di New York City.
• 1880 - Lift listrik pertama, dibuat oleh Werner von Siemens.
• 2004 - Pemasangan lift penumpang tercepat di dunia, di gedung Taipei 101 di Taipei, Taiwan. Kecepatannya adalah 1.010 meter per menit atau 60,6 km per jam.
Jenis
Ada beberapa jenis lift:
• Lift penumpang
o Lift Observasi
• Lift barang
• Lift automobil
• Lift pasien (Bed Elevator)
• dumbwaiter, lift berbentuk kotak kecil yang sering digunakan di restoran atau perpustakaan untuk mengangkut barang-barang dalam suatu gedung.
Eskalator
Sama halnya dengan lift ,eskalator mempunyai kegunaan yang sama yaitu untuk mengangkut orang-orang yang digunakan dalam gedung-gedung bertingkat.
Keuntungan dalam penggunaan lift dan escalator :
1. untuk mengangkut orang dalam jumlah banyak, yang digunakan pada gedung bertingkat
2. mempermudah membawa barang dalam jumlah banyak dalam sekali kegiatan
3. efisien terhadap waktu yang digunakan sehingga mempercepat untuk mengarahkan orang-orang pada tempat yang dituju
Kelemahan dalam penggunaan lift dan escalator :
1. biaya pembuatan yang cukup mahal
2. membuat orang malas untuk berolahraga dengan menggunakan tangga
3. jika tidak hati-hati bisa menelan korban, seperti : terjepit lift, jari kaki yang terpotong ketika menggunakan escalator, dll
4. jika listrik padam maka lift dan escalator tidak dapat digunakan sehingga menghambat kegiatan

Jumat, 21 Desember 2012

Manusia dan Cinta

Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian cinta sangat sulit diungkapkan dan setiap orang mempunyai pengertian masing - masing mengenai cinta. Menurut saya cinta adalah ungkapan perasaan sayang atau simpati kepada seseorang ataupun kepada Sang Pencipta. Cinta merupakan sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan terhadap seseorang berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Cinta menurut Dr. Sarlito W. Sarwono memiliki tiga unsur, yaitu :
1. keterikatan (cinta setia)
2. keintiman ( cinta saudara)
3. kemesraan (cinta rayuan)

Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
1. Knowledge (pengenalan
2. Responsibilty (tanggung jawab
3. Care (perhatian
4. Respect (saling menghormati)

Tetapi terdapat suatu perbedaan antara cinta dan kasih. Cinta mengandung arti perasaan yang mendalam sedangkan kasih mengungkapkan perasaan pada orang yang disayang. Orang yang mempunyai perasaan cinta kasih hidupnya penuh gairah, banyak inisiatif dan penuh kreatif.

Senin, 03 Desember 2012

Artikel Evaluasi CBIS SIA,SIM,Sistem Operasi Perkantoran,Sistem Penunjang Keputusan,Sistem Pakar

NAMA : FEA GERNES
NPM    : 42210668
KELAS : 3DA03
TUGAS : SOFTSKILL SIM 3

PENDAHULUA N

Evolusi Sistem Informasi Manajemen (SIM) berdasarkan Computer Based Information System (CBIS) ini mempunyai banyak peran dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang basis computer system. SIM dapat didefinisikan sebagai penerapan system informasi didalam organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengelola data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.


PEMBAHASAN/ISI

ARTIKEL EVALUASI CBIS
          Pengembangan CBIS mengikuti Sistem Life Cycle (SLC) yang terdiri dari : siklus hidup suatu system bisa berlangsung beberapa bulan ataupun tahun. Penentu lama dan yang bertanggung jawab atas SLC berulang ialah pemakai CBIS. Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa system tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh spesialis informasi. Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerjasama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, membuat basis data, dan menjaga kemutakhiran system.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)
          SIA adalah system informasi yang melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan sebagai pengolah data perusahaan. SIA adalah satu-satunya system informasi yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan, menyediakan informasi untuk seluruh lingkungan kecuali pesaing. Tugas utama system informasi adalah pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data, dan menyediakan dokumen. Karakteristik SIA : melaksanakan tugas yang diperlukan, berpegang pada prosedur yang relative standar, menangani data yang rinci, berfokus pada historis, menyediakan informasi pemecahan masalah minimal. SIA menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standard dan menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
SIM adalah suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas formal perusahaan atau subunit dibawahnya,Sumber daya SIM Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem perusahaan tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia didalam laporan periodik, laporan khusus, dan hasil simulasi matematika, output informasi tersebut digunakan manajer saat mereka membuat keputusan untuk pemecahan masalah.
           Semua informasi tersebut memiliki karakteristik yang sama untuk bidang area fungsional (marketing, manufaktur, sdm, dan keuangan), level manajemen (operational, manajerial, dan strategis), dan user (manajer atau non manajer) SIM informasi memperoleh data dari database, dimana database tersebut berisi data dan informasi dari SIA dan dari lingkungan.
Suatu SIM bisa juga merupakan suatu sistem informasi antar organisasi (IOS) jika SIM terkoneksi dengan SIM pada perusahaan lain misalnya dengan Suplier.

SISTEM OPERASI PERKANTORAN
            Otomasi perkantoran (Office Automation) mencakup semua system elektronik formal dan informal yang terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan. Kelompok pemakai OA adalah manajer, sekretaris, dan pegawai administrasi. Tujuan dari OA untuk mengurangi biaya administrasi, pemecahan masalah, dan pelengkap serta bukan pengganti. Beberapa contoh aplikasi OA yaitu pengolahan kata, e-mail, voice mail, kalender elektronik, konferensi audio/video, konferensi computer, imaging, dan desktop publishing.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (Decision Support System)
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang.
Keputusan terbagi menjadi:
• Keputusan terprogram, bersifat berulang dan rutin.
• Keputusan tak terprogram, bersifat baru dan tidak terstruktur, tidak ada metode pasti untuk menanganinya karena belum pernah terjadi sebelumnya.
Manajer melakukan empat tahap pengambilan keputusan, yaitu:
• Kegiatan Intelejen, mengamati lingkungan untukmencari kondisi yang perlu diperbaiki.
• Kegiatan Merancang, menemukan, mengembangkan, dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin.
• Kegiatan Memilih, memilih salah satu rangkaian tindakan diantara alternatif.
• Kegiatan Review, menilai pilihan-pilihan yang lalu.
Jenis DSS
Jenis pertama hanya memungkinkan manajer mengambil elemen keputusan, seperti bertanya berapa jumlah penjualan wilayah X.
• Jenis kedua menungkinkan memperoleh laporan khusus dari suatu file, misalnya laporan persediaan.
• Jenis ketiga memungkinkan manajer mendapat laporan yang berasal dari berbagai file, seperti laporan laba rugi.
• Jenis keempat memungkinkan manajer melihat dampak-dampak berbagai keputusan. Misalnya perubahan harga produk dan implikasinya terhadap keuntungan.
• Jenis kelima memungkinkan manajer menerima usulan keputusan, misalnya memperolah harga jual optimal yang diproleh dari sebuah model matematika.
• Jenis keenam adalah DSS yang mampu memberikan keputusan, misalnya komputer yang memutuskan besarnya premi untuk nasabah berusia dibawah 25, bekerja di Trans Am, Tinggal Di Houston dll.
Tiga DSS pertama cukup dengan menggunakan database query, sedangkan tiga terakhir harus menyertakan model matematika.
Tujuan DSS :
• Membantu manajer membuat keputusan untuk pemecahan masalah semi terstruktur.
• Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
• Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer dari pada efisiensinya
.

SISTEM PAKAR (ES)
Sistem pakar (Expert System) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia. Sistem pakar mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai. Perbedaan ES dan DSS adalah kemampuan ES untuk menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari pemecahannya itu sendiri.
Karakteristik Sistem Pakar
• Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
• Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
• Mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
• Memecahkan masalah dengan penalaran.
• Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.

Bagian Sistem Pakar
User Interface, adalah bagian yang memungkinkan manajer mamasukan instruksi dan informasi kedalam dan menerima informasi dari sistem pakar.
1. Input terdapat empat metode yaitu
• Menu
• Commands
• Natural Languange
• Customized Interfaces
2. Output Sistem Pakar , antara lain:
• Penjelasan dari pertanyaan
• Penjelasan dari penyelesaian masalah
3. Knowledge Base, adalah bagian yang memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah, dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut cocok satu dengan yang lain dalam urutan yang logis. Istilah problem domain digunakan untuk menjelaskan area masalah.
4. Interference Engine, adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan tertentu. Selama konsultasi, interference engine menguji aturan-aturan satu persatu dan ketika kondisi benar naka satu tindakan diambil.
5. Development Engine, adalah alat yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar, dalam hal ini dua alat yang biasa digunakan adalah bahasa pemrograman dan ES shell.


KESIMPULAN

Pengembangan CBIS mengikuti Sistem Life Cycle (SLC) yang terdiri dari siklus hidup suatu system yang bisa berlangsung dalam beberapa bulan maupun tahun.
Peran SIA dalam CBIS :
1.     SIA menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar.
2.    SIA menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah.


REFERENSI

                                   http://jalaludinweb.files.wordpress.com/2007/09/sim/pdf.
                                   http://samruddin.blogspot.com.

Jumat, 26 Oktober 2012

Bagaimana CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif?


Nama : Fea Gernes
Kelas : 3DA03
Npm   :  42210668
Tugas : Softskill SIM 2


PENDAHULUAN

Computer Based Information System (CBIS) atau system informasi berbasis computer merupakan  suatu system pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan, dan koordinasi. Setiap pimpinan perusahaan baik itu perusahaan pemerintah atau swasta selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga subjek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru.
Pihak pimpinan bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi terbaik, semua kegiatan tersebut akan dapat dilakukan dalam waktu relative singkat apabila perusahaan telah menggunakan system informasi berbasis computer.


PEMBAHASAN

Dalam beberapa hal, tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup-lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusioner ini disebut siklus kehidupan system (System Life Cycle-SLC) dan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut : 1. Perencanaan
                                            2. Analisis
                                            3. Rancangan
                                            4. Penerapan
                                            5. Penggunaan
Sifat kehidupan membentuk suatu pola lingkaran, saat suatu system berakhir masa kegunaannya dan harus diganti, suatu siklus kehidupan baru dimulai, diawali dengan tahap perencanaan.
Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa system tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh para spesialis informasi.
Untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai atau berjalan sesuai rencana-rencana berikut :
1.    Fase Perencanaan
Mendefinisikan tujuan dan kendala.
2.    Fase Analisis dan Desain
Mengidentifikasikan kebutuhan informasi, menentukan criteria penampilan, menyusun desain dan standar operasi CBIS.
3.    Fase Implementasi
Mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima memastikan apakah memenuhi criteria penampilan menetapkan prosedur untuk memelihara CBIS.
4.    Fase Operasi dan Kontrol
Mengontrol CBIS berevolusi selama fase SLC memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan.

Keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun dari tiga disiplin nilai :
1.    Operasional Prima (Operational Excellence)
Strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan serta menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah.
2.    Keakraban dengan pelanggan (Customer Intimacy)
Strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata competitor serta memenuhi kebutuhan segmen pasar.
3.    Produk atau layanan senantiasa inovatif dan terdepan (Product Leadership)
Strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling inovatif. Manajemen puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi dan mutu yang lebih baik dari pesaing.


KESIMPULAN

Computer Based Information System (CBIS) adalah suatu system pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Siklus kehidupan yang dimaksud itu tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup-lahir, bertumbuh menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati.
Cara CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif bisa dilakukan dengan berbagai strategi diantaranya :
1.    Operasional prima serta menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah.
2.    Keakraban dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan segmen pasar.
3.    Produk atau layanan senantiasa inovatif dan terdepan serta mutu yang lebih baik dari pesaing.
REFERENSI