Jumat, 26 Oktober 2012

Bagaimana CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif?


Nama : Fea Gernes
Kelas : 3DA03
Npm   :  42210668
Tugas : Softskill SIM 2


PENDAHULUAN

Computer Based Information System (CBIS) atau system informasi berbasis computer merupakan  suatu system pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan, dan koordinasi. Setiap pimpinan perusahaan baik itu perusahaan pemerintah atau swasta selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga subjek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru.
Pihak pimpinan bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi terbaik, semua kegiatan tersebut akan dapat dilakukan dalam waktu relative singkat apabila perusahaan telah menggunakan system informasi berbasis computer.


PEMBAHASAN

Dalam beberapa hal, tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup-lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses evolusioner ini disebut siklus kehidupan system (System Life Cycle-SLC) dan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut : 1. Perencanaan
                                            2. Analisis
                                            3. Rancangan
                                            4. Penerapan
                                            5. Penggunaan
Sifat kehidupan membentuk suatu pola lingkaran, saat suatu system berakhir masa kegunaannya dan harus diganti, suatu siklus kehidupan baru dimulai, diawali dengan tahap perencanaan.
Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa system tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Tanggung jawab keseluruhan manajer dan dukungan tahap demi tahap yang diberikan oleh para spesialis informasi.
Untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai atau berjalan sesuai rencana-rencana berikut :
1.    Fase Perencanaan
Mendefinisikan tujuan dan kendala.
2.    Fase Analisis dan Desain
Mengidentifikasikan kebutuhan informasi, menentukan criteria penampilan, menyusun desain dan standar operasi CBIS.
3.    Fase Implementasi
Mendefinisikan program pengujian yang dapat diterima memastikan apakah memenuhi criteria penampilan menetapkan prosedur untuk memelihara CBIS.
4.    Fase Operasi dan Kontrol
Mengontrol CBIS berevolusi selama fase SLC memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan.

Keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun dari tiga disiplin nilai :
1.    Operasional Prima (Operational Excellence)
Strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan serta menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah.
2.    Keakraban dengan pelanggan (Customer Intimacy)
Strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata competitor serta memenuhi kebutuhan segmen pasar.
3.    Produk atau layanan senantiasa inovatif dan terdepan (Product Leadership)
Strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling inovatif. Manajemen puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi dan mutu yang lebih baik dari pesaing.


KESIMPULAN

Computer Based Information System (CBIS) adalah suatu system pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus kehidupan dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Siklus kehidupan yang dimaksud itu tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme hidup-lahir, bertumbuh menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati.
Cara CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif bisa dilakukan dengan berbagai strategi diantaranya :
1.    Operasional prima serta menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah.
2.    Keakraban dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan segmen pasar.
3.    Produk atau layanan senantiasa inovatif dan terdepan serta mutu yang lebih baik dari pesaing.
REFERENSI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar